IMAN

IMAN KEPADA ALLAH SWT

Artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa ALLAH SWT adalah Rabb (Pemelihara, Pengatur), Pemilik dan Pencipta segala sesuatu. Peng-esa an ALLAH ini mencakup ke dalam tiga tauhid, yaitu : Rububiyah, Uluhiyyah dan Al-Asma wash shifat.

A. Tauhid Rububiyah

Adalah pengakuan bahwa sesungguhnya ALLAH SWT adalah pelaku mutlak (al-fa’ilul-muthlaq) di alam semesta dalam hal mencipta, mengatur, mengubah, menjalankan, menambah, mengurangi, menghidupkan, mematikan dan pekerjaan-pekerjaan lainnya, tanpa ada seorang pun yang membantuNYA. Al Quran menjelaskna perwujudan Rububiyah dengan menggabungkan dua hal. Pertama, dalam bentuk pengurusan dan penguasaan Dia terhadap langit dan bumi dengan segala isinya. Kedua, dengan nama-nama nya yang baik dan sifat-sifat NYA yang tinggi.

B. Tauhid Uluhiyyah

Adalah keyakinan yang mantap bahwa ALLAH SWT adalah Illah yang benar dan tidak ada Illah selain Dia serta mengesakan-Nya dalam hal beribadah (pengabdian). Tidak setiap orang yang mengakui bahwa Allah adalah Rabb segala sesuatu, lantas mentauhidkan Allah dalam hal uluhiyyah dan asma wash shifat (nama-nama dan sifat-sifat Allah). Kebanyakan manusia memang tidak menolak adanya Sang Pencipta dan Rububiyah-Nya terhadap makhluk-Nya. Kekufuran mereka, sebagian besar justru disebabkan karena mereka beribadah kepada selain Allah. Atas dasar itu maka syahadat ‘laa ilaaha illallah memuat seluruh bentuk tauhid dan uluhiyyah merupakan ujung dan pangkalnya, luar dan dalamnya oleh karena menegakkan tauhid inilah manusia diciptakan sebagaimana firman-Nya :

“Dan tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia melainkan untuk mengabdi kepada-Ku”. (QS : Adz Dzariyat : 56)

Ibnu Taimiyah mengatakan “ Tauhid Uluhiyyah adalah batas pemisah antara orang yang bertauhid dengan orang yang musyrik. Atas dasar itu pula pahala dan siksa diberikan di dunia dan akhirat. Jadi barangsiapa yang tidak mempunyai tauhid ini maka dia orang yang musyrik. Karena tauhid uluhiyyah ini merupakan hakikat agama islam, maka syahadatain merupakan rukun pertama agama islam.

C. Tauhid Asma wash shifat

Cakupan Rububiyah dan Uluhiyyah pada dasarnya merupakan pengakuan bahwa Allah adalah Rabb sekalian alam karena Dia mempunyai al-asmaul-husna (nama-nama yang baik) dan sifat-sifat yang sempurna (tauhid al-asma wash shifat). Jadi tauhid ini merupakan meyakini secara mantap bahwa Allah menyandang seluruh sifat kesempurnaan dan suci dari segala sifat kekurangan dan bahwa Dia berbeda dengan seluruh makhluk-Nya.

IMAN KEPADA MALAIKAT

Adalah meyakini bahwa Allah memiliki para malaikat yang maujud (memiliki keberadaan), diciptakan dari cahaya, yang tidak durhaka terhadap Allah dan mereka melaksanakan tugas yang telah Allah perintahkan.

 

IMAN KEPADA PARA NABI DAN RASUL

                Kita wajib mengimani bahwa ALLAH Swt mengutus para RasulNya kepada manusia untuk memberi kabar gembira dan peringatan.

 

IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT

Kitab-kitab yang diinformasikan dalam Al Quran adalah :

  1. Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as (QS : Al-Maidah : 44)
  2. Injil diturunkan kepada Nabi Isa as (QS : Al-Maidah : 46)
  3. Zabur diturunkan kepada Nabi Daud as (QS : Al-Isra : 55)
  4. Shuhuf merupakan lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa  (QS : An- Najm :36-42)

 

IMAN KEPADA HARI AKHIR

Iman kepada hari akhir mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Sebab, iman kepada hari akhir dengan segala yang ada atau terjadi didalamnya-surga,neraka,hisab,siksa,pahala,keberuntungan,kerugian-mempunyai dampak yang sangat kuat dalam mengarahkan manusia, dan membuatnya berdisiplin serta berkomitmen dengan amal sholeh dan bertaqwa kepada ALLAH Swt.

Manusia banyak lupa dan lalai akibat cinta kepada kesenangan dunia. Iman akan hari akhir dapat mengurangi sikap ekstrem dalam mencintai dunia tersebut. Namun, hari akhir hingga sekarang bagi orang-orang kafir merupakan kebingungan dan keheranan. Bagi mereka, kebangkitan bertentangan dengan kenyataan yang mereka lihat, bahwa kematian adalah perubahan menjadi serpihan-serpihan dan tulang belulang.

Categories: Pengetahuan Umum, Uncategorized, wawasan | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: